Rabu, 19 November 2014

Sehari ke Singapore via P. Batam

Salam sejahtera bagi kita semua...
Para pembaca yang baik, saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang perjalanan sehari saya ke Singapore melalui Pulau Batam.
Pengalaman langka ini saya sengaja bagikan karena kebiasaan kita semua  dari Jakarta ke Singapore cukup terbang pakai pesawat , beres nyampe di Changi
Kali ini saya mencoba berbagi pengalaman  ini....
Setelah terbang dari CGK Jakarta selama 1,5 jam akhirnya landing di BTH  Hang Nadim International Airports .
Kebetulan saya punya adik yang tinggal di Batam, saya dijemput oleh adik lalu mampir ke rumahnya untuk istirahat sejenak.
Tidak lama kami istirahat, badan terasa sudah segar kembali,  lalu kami melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Ferry di Batam Centre. Di sini pertama-tama kita beli tiket ferry, banyak pilihan ferry yang bisa kita gunakan, tapi kami sepakat untuk beli Sindo Ferry harga SGD 17 atau kalau dirupiahkan Rp 161.840,- (kurs 1 SGD = Rp9520) per orang untuk sekali jalan (one way).
Karena kami membeli tiket di counter cek in Sindo Ferry, ya sekalian cek in. selanjutnya kita menuju pintu imigrasi , setelah pemeriksaan passport , beres kita menuju harbour .kami sengaja memilih Sindo Ferry karena antrian ke Harbaou ga ada, kalaulah ada sedikit atau kosong. Sedang di ferry ferry lain antrian panjang. selanjutnya kita berjalan menuju ferry yang akan kita naiki. setelah menunjukan tiket kami masuk kepada petugas, kita dipersilahkan naik ke  ferry, sengaja kami memilih duduk dekat jendela biar bisa ambil foto. oh ya di ferry ini tempat duduk bebas. bisa memilih dimana saja karena banyak yang kosong. kenapa demikian konon harganya lebih tinggi dari yang lain. jadi terjawab sudah kenapa ga ada antrian di harbour dan kenapa banyak kursi kosong di ferry....
Setelah duduk nyaman ,nikmati perjalaanan kurang lebih 1 jam.

Setelah kira-kira 1 jam perjalanan, tibalah kami di Harbour Front, Singapore.

setelah turun dari ferry di Harbour Front kita menuju ke imigrasi singapore, setelah di cek passport , dicap lalu kita menuju ke station MRT /LRT. berikut peta MRT dan LRT nya, ini peta tampil juga di layar mesin tiket MRT.
 Karena tujuan kita adalah Gardens by the bay, jadi jalur yang dipakai adalah purpleline (NE) dan blueline (DT),
dengan rencana rute sesuai peta adalah  dari Harbour front (NE1) - NE3 (outram park) - NE4 (china town) di China Town ini  kita turun dari MRT kemudian transit ke blueline dgn rute DT19 (china town) - DT18 (telok ayer) - DT17(downtown) -DT16(bay front). nah setelah kita menentukan tujuan akhir, kita mulai untuk membeli tiket . agar lebih murah kita beli standard ticket saja yang single trip  ,tiket seperti foto
 Kita ke counter tiket, kalau antri tunggu antrian dengan tenang. setelah kita di depan mesin tiket kita buka map di layar touch screen , lalu kita zoom sampai dengan tujuan akhir, seperti saya tujuan akhir DT16, sentuh di peta. trus kita pilih berapa tiket yang kita mau beli, setelah keluar angka berapa SGD yang harus dibayar, kita bisa memilih membayar karena ada 2 slot , melalui slot koin atau slot uang kertas. mesin ini pinter, jadi jangan kuatir uang kita ditelan dan ga keluar kembalian. pengalaman saya beli 2 tiket memakai SGD 5. pada laci pengeluaran keluar 2 tiket dan kembalian receh. waktu itu hanya SGD 1,7 per tiket murah kan?
setelah tiket di dapat kita masuk ke area stasiun dengan cara men tap tiket pada pintu otomatis. setelah didalam jangan lupa tanya petugas harus menunggu di kanan atau di kiri sesuai tujuan kita. nikmati moda cepat murah nyaman yaitu MRT .
rasanya begitu cepat, akhirnya kita sampai distasiun Bay Front ,setelah turun dari MRT, terus keluar stasiun dengan men tap karcis tadi. kita menuju ke tunnel yang menghubungkan pintu masuk ke Gardens by the bay.
setelah naik lewat stairs , akhirnya kita sampai di Gardens by the bay.

Demikian pembaca, sedikit pengalamanku wisata murah meriah dan nyaman di negeri singa.mudah2an ada manfaat yang bisa kita petik.untuk perjalanan pulangnya akan kita  bagi pada sesi kedua.